Welcome to N12k Blog

selamat datang di blog saya semoga informasinya dapat memberi manfaat bagi kita semua amin

Kerjasama IPB dengan Pemerintah daerah JATIM

 

Dialog Tokoh Bersama Gubernur Jawa Timur
Kamis, 24 April 2014

 

Direktorat Kajian Strategis dan Kebijakan Pertanian (KSKP), Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan kegiatan Dialog Tokoh III dengan topik “Peran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dalam Memperkuat Sektor Pertanian dan Sumberdaya Alam” dengan Sub topik “Kemandirian Pangan”, (17/4). Kegiatan yang dilaksanakan di Kampus IPB Darmaga ini menghadirkan narasumber Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo. Gelaran yang bertujuan memperkuat visi, paradigma, dan strategi pembangungan yang berbasis pertanian dan sumberdaya alam, dan memperkuat pembangunan pertanian sebagai pilar pembangunan nasional ini dibuka oleh Rektor IPB, Prof. Dr. Herry Suhardiyanto, M.Sc.

Dialog Tokoh ini digelar untuk mendekatkan dosen dan mahasiswa IPB dengan implementasi yang diperlukan. Jawa Timur memiliki perhatian yang besar terhadap pembangunan pertanian. Rektor IPB menyatakan, “Dalam penyelenggaraan dialog tokoh ini, mahasiswa dan dosen dapat mempelajari dan menganalisis kebijakan pertanian yang sudah diemplementasikan di Jawa Timur. Langkah ini penting agar kita dapat mengimplementasikan gagasan sekaligus meningkatkan lagi kemampuan kita untuk bisa meningkatkan pertanian Indonesia sesuai dengan visi IPB 2018.”

Dalam presentasinya, Gubernur Jawa Timur memaparkan tentang evaluasi kinerja pembangunan pertanian di Jawa Timur pada 2009-2013, strategi dan kebijakan, East Java Discovery, dan pola penanganan bencana gunung Kelud hubungannya dengan sektor pertanian. Sebagai penutup, Dr. Soekarwo menyampaikan komitmen Pemprov Jawa Timur, “Untuk dapat meningkatkan ketahanan pangan dalam jangka pendek secara realistis, maka fokus kebijakan dan strategi adalah intensifikasi dan optimalisasi.”

Beberapa komitmen lain yang disampaikan diantaranya pencapaian surplus beras sebesar 10 juta ton, peningkatan luas panen kedelai menjadi kurang lebih 259 ribu Ha, produktivitas kedelai menjadi 1,75 ton/Ha, dan meningkatkan peran Bulog sebagai penyangga pasar kedelai dalam negeri, peningkatan produksi gula nasional, dan pencapaian ketahanan pangan (daging sapi). Selain, pemaparan dari narasumber, kegiatan ini juga menyajikan sesi diskusi yang dipimpin oleh Direktur KSKP, Dr. Ir. Dodik Ridho Nurrochmat, M.Sc.

Rektor IPB menandaskan, “Semoga bangsa kita menjadi mandiri dalam mencukupi kebutuhan pangan kita. Ini adalah manfaat yang luar biasa dari ilmu pertanian dan pembangunan pertanian. Semoga kerjasama antara IPB dan Pemprov Jatim yang telah terjalin dapat kita tingkatkan pada masa yang akan datang.” (RF)
subject : Dialog Tokoh Bersama Gubernur Jawa Timur


FacebookTwitterGoogle+PinterestLineWhatsAppTelegramShare

Comments are closed.